0wo71p5M3MBGMPs3gA9-3U_3V9k SHALAT ADALAH IBADAH GERAK | http://syahrial-siregar.blogspot.com/

Sabtu, 31 Maret 2012

SHALAT ADALAH IBADAH GERAK


Shalat ternyata adalah ibadah gerak! Ini adalah fakta...
Jumlah rukun shalat yang bersifat gerakan 48 item, sedangkan jumlah rukun shalat yang bersifat bacaan hanya 8 item. Hampir semua rukun shalat bersifat gerakan, bukan bacaan. Inilah mengapa, shalat tergolong ibadah gerak.
Berdiri adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), tapi bacaan ketika berdiri (iftitah dan surat lain) adalah sunnah. Ini berarti, shalat harus dilakukan dengan berdiri. Tidak membaca doa iftitah tidak membatalkan shalat.
Ruku adalah rukun shalat (wajib dikerjakan) , sedangkan bacaan ketika ruku adalah sunnah. Jadi, orang yang ruku tanpa membaca apapun, shalatnya syah.
Itidal adalah rukun shalat (wajib dikerjakan) , sedangkan bacaan ketika itidal adalah sunnah. Orang yang itidal tanpa membaca apapun, shalatnya syah.
Sujud adalah rukun shalat (wajib dikerjakan) , sedangkan bacaan ketika sujud adalah sunnah. Jadi, orang yang sujud tanpa membaca apapun, shalatnya syah. Duduk antara dua sujud adalah rukun shalat (wajib dikerjakan) , sedangkan bacaan ketika itu adalah sunnah. Orang yang duduk antara dua sujud tanpa membaca apapun, shalatnya syah.
Walaupun bacaan-bacaan tersebut di atas adalah sunnah, tentu saja kita perlu membacanya agar shalat kita lebih sempurna.
Detail penjelasan di atas semoga makin menambah kesadaran kita bahwa shalat adalah ibadah gerak. Oleh karena itulah, shalat harus dilakukan dengan gerakan yang fashih (benar) sesuai tuntunan Nabi agar memberikan manfaat maksimal. Belajar gerak dalam shalat harus menjadi prioritas. Menghayati gerakan harus benar-benar dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Akhmad Tefur - shalatsempurna.com No.6/I/10
Referensi: Ilmu Fiqih Islam Lengkap, Drs.H.Moh. Rifai - Toha Putra Semarang
Isi artikel ini telah dikonsultasikan dengan Ust. KH. Burhan Barmawi - Tegal (Pengajar Ilmu Shalat) & Ust. Saknan Albali, LC - Denpasar (Dosen Agama Islam STMIK - Bali)
***

0 komentar:

Posting Komentar

di harapkan komentar para pembaca....

syahrial_siregar@yahoo.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

http:syahrialsiregar.blogspot.com/

http://syahrialdankeluarga.blogspot.com/

syahrial

siregar