0wo71p5M3MBGMPs3gA9-3U_3V9k PemerkosaanTerhadap Wanita | http://syahrial-siregar.blogspot.com/

Minggu, 27 Mei 2012

PemerkosaanTerhadap Wanita

 Sekarang ini, hampir tiap hari kita dengar atau kita lihat baik media massa atau media cetak berita tentang pemerkosaan terhadap kaum hawa. Mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan nenek-nenek yang sudah tuapun tidak luput dari bahaya pemerkosaan ini. Apakah yang terjadi pada diri manusia saat ini? Apakah benar saat ini moral manusia benar-benar sudah sebegitu parahnya?. Mengapa hal ini bisa dialami wanita dalam masyarakat.

Dari begitu banyak peristiwa pemerkosaan yang terjadi saat sekarang ini, boleh dikatakan bahwa peristiwa pemerkosaan dapat berlaku dimana saja. Tidak hanya di tempat sunyi bahkan seperti baru-baru ini kita dengar diberita pemerkosaan yang terjadi di dalam angkot. Sungguh pilu dan miris kita mendengar peristiwa ini. Di tengah kehidupan perekonomian negara yang sangat parah saat ini, bukan hanya nafsu mencari nafkah untuk sehari-hari yang dicari manusia, tetapi nafsu bihari setanpun mereka lakukan juga. Dari berbagai fenomena yang telah terjadi timbulnya pemerkosaan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Diantaranya :

   1. Semakin berkurangnya didikan nilai-nilai agama yang terdapat dalam diri manusia saat sekarang ini
   2. Pengaruh minuman-minuman beralkohol (yang memabukkan) yang banyak dikonsumsi oleh para lelaki dikarenakan kemudahan untuk mendapatkan minuman tersebut.
   3. Pengaruh teknologi (internet dan vcd) sehingga banyak pemerkosaan timbul karena rasa ingin mempraktekkan hal-hal porno yang dilihat dari internet ataupun yang ditonton dari vcd.
   4. Keadaan dan kondisi wanita sendiri dalam berpakaian (berbusana) yang memancing nafsu birahi laki-laki untuk berlaku yang tidak senonoh terhadapnya.
   5. Pengaruh lingkungan tempat tinggal para pelaku pemerkosa
   6. Kurang tegasnya hukuman terhadap pelaku pemerkosa, sehingga praktek pemerkosaan yang begitu mudah dilakukan.

Untuk itu bagi wanita, dimanapun anda berada sesungguhnya bahaya selalu mengintai diri anda. Jadi waspadalah dan hati-hatilah dalam melangkah dan bertindak.

Berikut beberapa cara agar kaun wanita terhindar dari pemerkosaan :

   1. Berbusana (berpakaianlah) yang sopan jika anda harus melewati tempat-tempat umum. Karena dengan memperlihatkan aurat anda ditempat umum akan memancing orang untuk memperkosa anda.
   2. Bagi anak-anak yang masih remaja atau yang masih dalam pendidikan atau belajar, kalau bisa belajarlah ilmu bela diri dasar. Bukan untuk menghilangkan kodrat sebagai wanita, tetapi hanya untuksebagai bekal diri jika ada hal yang tidak baik menimpa. Seperti karete dan silat.
   3. Jangan lewat, atau hindarilah melewati tempat-tempat sunyi sendirian karena ini sangat membahayakan diri anda sendiri.
   4. Usahakan jangan keluar malam kalau tidak ada urusan yang penting. Kalaupun mesti keluar, jangan sendirian. Ajaklah saudara laki-laki anda untuk menemani.
   5. Bagi pekerja wanita yang mengharuskan anda pulang malam, sebisa mungkin minta jemputlah diwaktu anda pulang malam dengan saudara atau orang tua. Kalau memang jalan pulang yang anda lalui adalah daerah yang rawan kejahatan.
   6. Jagalah sopan santun,adab dan etika berbicara sebagai perempuan. Jangan berkata-kata kasar, sombong, angkuh dengan lawan jenis. Karena ini juga dapat memicu niat jahat dari lawan jenis anda karena merasa dilecehkan.
   7. Bagi yang tinggal dirumah sendirian, jangan pernah membukakan pintu pada waktu malam hari.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan disini, mungkin masih banyak lagi yang belum tersampaikan oleh saya. Namun dengan yang sedikit ini semoga ada manfaatnya bagi pembaca semua. Sebagai wanita, saya hanya dapat memberikan pesan, berhati-hatilah para wanita dalam melangkah dizaman sekarang ini. Karena dimana saja bahaya itu selalu ada. Apalagi bagi seorang perempuan yang sudah terkodrat sebagai wanita lemah. Jangan kelemahan tersebut dapat membahayakan diri kita. Sebisa mungkin kita berusaha menghindari bahaya tersebut.

Dan bagi sahabat atau rekan yang pernah mengalami peristiwa pemerkosaan, saya harap bisa tabah dalam menghadapinya. Anggaplah itu ujian dari Allah agar sahabat menjadi lebih baik untuk hari kedepan. Jangan pernah putus asa, tetaplah bersemangat menyongsong hidup kedepan. Yakinlah bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Berkehendak. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian yang terjadi pada diri manusia, baik itu kejadian menyenangkan ataupun kejadian menyakitkan. Percaya dan yakinlah pada kekuasaan Allah.

Dan bagi para kaum laki-laki, yang pernah memperkosa wanita ataupun punya niat memperkosa wanita, berfikirlah dengan hati nurani anda. Seandainya apa yang anda lakukan atau akan anda lakukan tersebut dialami oleh adik perempuan anda, kakak perempuan anda, anak perempuan anda atau ibu anda. Bagaimanakah perasaan hati anda. Perbanyaklah ibadah dan tingkatkanlah iman anda. Dan ingat, anda hidup bukan untuk selamanya didunia, kematian pasti akan datang. Janganlah selalu mengikuti nafsu setan yang hanya akan membawa anda pada kesusahan di hari akhir nanti. Bertobatlah.

Dan saran untuk aparat hukum, sebaiknya hukuman untuk pelaku pemerkosaan agak diberatkan sehingga manusia (laki-laki) akan berfikir seribu kali untuk melakukan pemerkosaan.


sumber: http://ulvamalife.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

di harapkan komentar para pembaca....

syahrial_siregar@yahoo.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

http:syahrialsiregar.blogspot.com/

http://syahrialdankeluarga.blogspot.com/

syahrial

siregar