Hampir semua orang di dunia ini
menganggap bahwa waktu adalah uang atau istilah popolernya kita kenal
“Times Is Money”, Tidaklah heran jika mereka bakerja keras tanpa
mengenal lelah untuk memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin.
Mereka tak ingin ada waktu terbuang sia-sia hanya untuk hal-hal yang
tidak berguna apalagi lupa akan kepentingan lainnya. Misalnya lupa
meluangkan waktunya untuk keluarga, Lupa istirahat, lupa beribadah
bahkan terkadang sampai lupa maka. Jelas ini berakibat buruk bagi diri
sendiri maupun keluarga.
Disisi
lain ada orang yang beranggapan bahwa kerja itu santai saja, nggak usah
ngoyo toh besok masih ada waktu pandangan seperti itu pasti sangat
merugikan, karena akhirnya pekerjaan banyak tertunda.Misal koreksian PR
sekolah yang menggunung, kerjaan kantor jadi menumpuk dan masih banyak
yang lainnya, yang berhubungan dengan pekerjaan keseharian kita. Efek
terburuknya yang mungkin timbul adalah orang akan uring-uringan bahkan
kerja pun asal-asalan. Apalagi Dead Line sudah dekat. Pasti banyak yang
ngegerundel kalau suruh lembur.
“Lembur lagi-lembur lagi, mending kalau ada uang lemburnya” ucapan
seperti ini masih banyak kita dengar di sekitar kita. Jika Anda termasuk
orang yang dapat memanfaatkan waktu enggan baik maka Anda patut
bersyukur, namun jika anda tergolong orang yang belum memanfaatkan waktu
dengan efektif maka tak ada salahnya Anda Belajar memanfaatkan waktu
dari sekarang Berikut Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan untuk
memanfaatkan waktu dengan baik/efektif :
1. Buatlah perencanaan kegiatan harian Anda,
Pilih prioritas pekerjaan yang akan Anda lakukan.
2. Jangan suka menunda pekerjaan.
Selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas yang ada
3. Jangan mudah buat janji baru secara mendadak,
hingga membatalkan janji-janji sebelumnya.
Hal ini dapat mengacaukan program kerja Anda.
Dampak buruknya orang menganggap Anda tidak tepat janji.
4. Usahakan tepat waktu dalam segala hal.
Misalnya : Untuk meeting, masuk kerja, janji sama orang dll.
5. Buang jauh-jauh kebiasaan melamun dan kegiatan lainnya
yang sifatnya mubazir. Jika memang mau melamun/merenung
untuk berimajinasi positif biasakan Anda lakukan
di waktu khusus, misalnya saat istirahat atau saat libur kerja.
6. Usahakan target kerja yang sudah Anda
rencanakan dapat terselesaikan dengan baik.
7. Lakukan Evaluasi/Penilaian
Evaluasi / Penilaian ini sangat perlu dilakukan,
tujuannya agar anda tahu apakah hari ini
Anda sudah dapat menyelesaikan target
yang sudah anda rencanakan dengan
memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
Jika hari ini belum bisa, maka hari esok
lebih baik begitu seterusnya hingga Anda
benar-benar menjadi orang yang bisa
memanfaatkan dan menghargai waktu.
sumber; http://telagapandan.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar
di harapkan komentar para pembaca....