0wo71p5M3MBGMPs3gA9-3U_3V9k Hasil Pertandingan Spanyol vs Portugal Semifinal Euro 2012 | http://syahrial-siregar.blogspot.com/

Rabu, 27 Juni 2012

Hasil Pertandingan Spanyol vs Portugal Semifinal Euro 2012

 Tim Spanyol pada hari Rabu (27/6) waktu setempat atau dini hari Kamis (28/6) WIB telah membuktikan diri sebagai salah satu tim terbaik di eropa mengalahkan keseblasan Portugal lewat adu penalti 0-0 (skor penalti= 2-4). Dengan demikian Spanyol dinyatakan lolos maju ke babak final piala eropa 2012 ini.

Sejak awal pertandingan hingga usai, kedua tim terlihat bermain alot sehingga drama adu penalti pun harus ditempuh guna membuktikan siapa yang berhak mendapatkan tiket menuju final. Hmm.., rupanya kehebatan spanyol harus diakui oleh lawannya, dan kembali kesebelasan spanyol lolos ke babak final pada tiga kompetisi internasional terakhir secara berturut-turut. Wew.. prestasi yang sangat membanggakan dan patut diacungi jempol.

Sejak pertandingan dimulai, babak pertama berjalan dengan ketat. Sesuai denagn prediksi lebah ndut sebelumnya rupanya tim Portugal dapat memberikan perlawanan hebat dan seimbang terhadap Spanyol. Diluar dugaan, permainan tiki-taka La Furia Roja nyatanya tidak berjalan dengan lancar dan acap kali gagal karena pressing ketat Seleccao. Bahkan teknik ini lama-lama terlihat membosankan dan terlihat kurang efektif, terbukti dengan tidak dihasilkannya satu gol pun.

Memanfaatkan bola muntah, Alvaro Arbeloa mencoba peruntungan dengan menembak ke arah gawang. Sayangnya tendangan tersebut sedikit melambung di atas gawang Portugal yang dijaga ketat oleh Rui Patricio. Itu adalah kesempatan pertama bagi kesebelasan Spanyol yang gagal dimanfaatkan dan dikonversi menjadi sebuah gol.

Memang harus diakui bahwa tiga gelandang Portugal bermain sangat baik sampai-sampai lini tengah Spanyol seperti kalah kualitas. Padahal biasanya mereka lah yang menjadi nyawa dan tumpuan permainan Spanyol. Pada babak pertama ini, Raul Meireles, Miguel Veloso, dan juga Joao Moutinho menjadi kunci permainan Portugal.

Cristiano Ronaldo dan Luis Nani yang digadang-gadang akan memberikan kemenangan Portugal beberapa kali merepotkan lini belakang Spanyol. Sayangnya belum ada peluang atau kesempatan yang dapat dimanfaatkan dengan sempurna oleh kedua pemain ini.

Alvaro Negredo yang ditutnkan ke lapangan oleh Vicente Del Bosque sepertinya gagal menunjukkan kualitas terbaiknya. Negredo bahkan jarang sekali mendapat bola. Tidak ada peluang yang dapat diolah menjadi gol di babak pertama semifinal euro ini sehingga hingga turun minum skor masih 0-0 alias kaca mata.

Di babak kedua semifinal piala eropa 2012 antara spanyol vs portugal permainan kedua tim tidak menunjukkan perbedaan. Bahkan tim kesebelasan Spanyol terlihat seolah kehilangan kreativitas dan irama permainan. Padahal kesebalasan lawan, para pasukan Portugal terlihat bermain dengan efektif melalui akselerasi-akselerasi bola cepat dari bagian sayap.

Ronaldo mendapatkan kesempatan bagus lewat tendangan bebas di menit ke-71. Sayangnya tendangan kerasnya tidak sempurna ke gawang Spanyol. Barulah ketika laga babak kedua hampir berakhir, Ronaldo mendapat kesempatan emas dimana semau itu berawal dari serangan balik yang sangat cepat, kemudian Ronaldo berhadapan satu lawan satu dengan Casillas. Sayangnya dia kembali gagal memanfaatkan kesempatan emas ini dimana tendangannya masih melambung jauh. Babak kedua pun harus berakhir 0-0 tanpa gol.

Pertandingan semifinal spanyol vs portugal pun dilanjutkan lewat babak tambahan. Kedua tim seperti menemukan jalan buntu dalam melakukan serangan. Portugal seperti kesulitan melakukan tembakan ke arah gawang. Padahal lini belakangnya mampu membuat Spanyol terlihat frustrasi. Permainan keras pun tak dapat dihindari pada laga semi final hari pertama ini. Sembilan kartu kuning pun terpaksa dikeluarkan wasit dari saku ajaibnya.

Skuad Spanyol mendapat peluang emas di menit-103. Umpan sempurna Jordi Alba ditangkap dengan baik oleh Andres Iniesta. Namun, tendangan gelandang El Barca ini masih dapat ditepis Rui Patricio.

Sementara itu, kedua tim terlihat letih setelah memasuki babak kedua perpanjangan waktu. Tetap saja Spanyol tak mampu gol walau permainan mereka terlihat lebih dominan. Skor 0-0 pun harus bertahan hingga akhir babak tambahan dan mau tak mau penentuan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada drama adu pinalti, kesebelasan Spanyol akhirnya berhasil memenangi laga ini setelah berhasil memasukkan empat dari lima penalti yang dilakukan. Hanya Xabi Alonso lah satu-satunya pemain Spanyol yang gagal memanfaatkan dengan baik. Sementara itu dua penalti Portugal gagal menembus gawang Spanyol. Adalah tembakan Joao Moutinho yang berhasil ditepis sang kiper Casillas, dan juga tendangan Bruno Alves yang hanya mengenai mistar gawang. Skor penalti pun menjadi 4-2 untuk kemenangan Spanyol.

Berikut ini adalah susunan pemain yang diturunkan Portugal vs Spanyol pada semifinal euro 2012:
  • Portugal: Rui Patricio, Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves, Fabio Coentrao, Meireles (Varela 113), Veloso (Custodio 106), Joao Moutinho, Nani, Almeida (Nelson Oliveira 81), Ronaldo.
  • Subs: Eduardo, Quaresma, Ricardo Costa, Rolando, Ruben Micael, Miguel Lopes, Hugo Viana, Postiga, Beto.
  • Spanyol: Casillas, Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba, Xavi (Pedro Rodriguez 87), Busquets, Alonso, Silva (Jesus Navas 60), Negredo (Fabregas 54), Iniesta.
  • Subs: Valdes, Albiol, Javi Martinez, Juanfran, Torres, Mata, Llorente, Santi Cazorla, Reina.
  • Wasit: Cuneyt Cakir (Turkey)
Statistik pertandingan Spanyol vs Portugal:
  • Penguasaan Bola: 55%-45%
  • Jumlah Tembakan: 10-11
  • Tembakan ke Gawang: 2-5
  • Corner: 6-7
  • Offside: 2-3
  • Pelanggaran: 31-21
  • Kartu Kuning: Portugal (Coentrao 45, Pepe 61, Pereira 63, Alves 85, Veloso 92), Spanyol (Ramos 40, Busquets 59, Arbeloa 83, Alonso 112)
  • Kartu Merah:-
Full-time: Portugal 0-0 Spanyol (Spanyol menang 4-2 dalam adu penalti). Berikut ini adalah hasil lengkap drama adu pinalti Spanyol vs Portugal:
  1. Xabi Alonso diselamatkan kiper POR 0-0 SPA
  2. Moutinho diselamatkan kiper POR 0-0 SPA
  3. Iniesta Gol POR 0-1 SPA
  4. Pepe Gol POR 1-1 SPA
  5. Pique Gol POR 1-2 SPA
  6. Nani Gol POR 2-2 SPA
  7. Ramos Gol POR 2-3 SPA
  8. Bruno Alves membentur tiang POR 2-3 SPA
  9. Fabregas Gol POR 2-4 SPA
Dengan kemenangan 4-2 melalui pinalti ini maka secara otomatis Spanyol akan maju ke babak final bertemu dengan pemenang dalam laga Jerman vs Italia.

Itulah ulasan highlight hasil pertandingan Spanyol vs Portugal pada laga semifinal euro 2012 yang juga disiarkan secara LIVE di RCTI.


sumber; http://lebahndut.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

di harapkan komentar para pembaca....

syahrial_siregar@yahoo.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

http:syahrialsiregar.blogspot.com/

http://syahrialdankeluarga.blogspot.com/

syahrial

siregar