0wo71p5M3MBGMPs3gA9-3U_3V9k Bacaan Shalat Vs Gerakan Shalat | http://syahrial-siregar.blogspot.com/

Sabtu, 24 Maret 2012

Bacaan Shalat Vs Gerakan Shalat

 Author: Akhmad Tefur
tata cara shalat
Tapak kaki kanan benar-benar tegak lurus
Bacaan shalat seringkali lebih mendapat prioritas. Ketika seorang anak mulai belajar shalat, maka bacaan shalat akan diajarkan lebih awal dan diulang terus menerus. Sedangkan gerakan shalat tidak diajarkan sesering dan sefasih pada saat belajar bacaan doa shalat.  Produknya, mereka lebih lancar dan fasih dalam bacaan, tapi kurang fasih dalam mempraktekkan gerakan shalat. Buktinya, banyak orang yang telapak kaki kanannya tidak tegak lurus saat duduk antara dua sujud atau saat duduk tasyahud…! Anda sering melihat fenomena ini, bukan? Masih banyak contoh lainnya lho…
Apakah betul, bahwa bacaan shalat lebih penting dari gerakan shalat? Hm… ini pertanyaan yang cukup menggelitik. Menurut anda sendiri bagaimana?
Mari kita lihat faktanya…
Jika anda membaca buku Fiqih Shalat karya Drs. Moh Rifai atau tuntunan shalat lainnya, maka akan anda temui bahwa rukun shalat ada 13 perkara. Ketiga belas rukun shalat ini jika dijabarkan dalam shalat empat rakaat, maka jumlah rukun shalat yang bersifat gerakan ada 48 item, sedangkan jumlah rukun shalat yang bersifat bacaan hanya 8 item.
Rukun shalat adalah sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan. Jika kita tidak mengerjakan salah satu rukun shalat, maka shalatnya tidak syah.
Wow! Ternyata hampir semua rukun shalat bersifat gerakan… bukan bacaan. Anda kaget? Mari kita lihat tabelnya:
rukun shalat
Berdiri adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), tapi bacaan ketika berdiri (iftitah dan surat lain) adalah sunnah. Ini berarti, shalat harus dilakukan dengan berdiri. Tidak membaca doa iftitah tidak membatalkan shalat, karena bacaan tersebut bukan termasuk rukun shalat.
Ruku adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), sedangkan bacaan ketika ruku adalah sunnah. Jadi, orang yang shalat tanpa ruku, shalatnya tidak syah! Tapi tidak membaca bacaan ketika ruku shalatnya tetap syah, karena bacaan ruku bukan merupakan rukun shalat.
Itidal adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), sedangkan bacaan ketika itidal adalah sunnah. Demikian juga untuk sujud, duduk antara dan seterusnya.
Walaupun banyak bacaan shalat yang bukan merupakan rukun, tentu saja kita perlu membacanya agar shalat kita lebih sempurna.
Nah, ternyata gerakan shalat justeru lebih penting dari bacaannya, bukan?
Penjelasan di atas semoga makin menambah kesadaran kita bahwa shalat adalah ibadah gerak. Sudah sepatutnya kita lebih memperdalam dan memperbaiki gerakan shalat. Manfaat shalat yang maksimal tentu saja diperoleh jika cara shalatnya benar, dengan gerakan shalat yang benar. So, belajar gerakan shalat harus menjadi prioritas…
Bagaimana menurut pendapat anda?
sumber: http://www.akhmadtefur.com/

0 komentar:

Posting Komentar

di harapkan komentar para pembaca....

syahrial_siregar@yahoo.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

http:syahrialsiregar.blogspot.com/

http://syahrialdankeluarga.blogspot.com/

syahrial

siregar