0wo71p5M3MBGMPs3gA9-3U_3V9k Agar Hati Jadi Tenang en Tentram | http://syahrial-siregar.blogspot.com/

Selasa, 07 Februari 2012

Agar Hati Jadi Tenang en Tentram

Manusia adalah makhluk yang punya hati dan perasaan. Dengan perasaan dari hatinyalah manusia dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Namun kadang kala hal itu tak dijadikan patokan bagi manusia untuk lebih bersikap mengikuti hati nuraninya. Padahal Rabb merupakan pembawa kebenaran yang telah dituliskan jauh-jauh hari sebelum kita dilahrikan di dunia ini.
       Hati itu punya penyakit dan penyakit itu bisa disembuhkan dengan cara-cara ISLAM. Dengan dalil berdasarkan al quran dan hadits, kita dapat memperoleh ketenangan hati kita. Menjadi hati kita terasa nyaman dan tentram sehingga hidup kita tak gundah gulana. Hal-hal yang menjadikan hati kita menjadi tenang yaitu:
  • Jangan bergantung kepada orang lain. Bergantunglah kepada Allah, diri sendiri dan bersikaplah mandiri. marilah bersikap mandiri dalam segala hal. Karna sudah pasti Allah membantu umatnya yang membutuhkan-Nya.
  • Jangan berburuk sangka kepada orang lain yang membicarakan atau menghinamu. Selalu berbaiklah kepada mereka. Berbuat baik dapat memecahkan berbagai masalah. Menjadikan hati kita merasa tenang dan tentram tanpa ada problematika hidup yang menjadikan hati kita menjadi sakit.
  • Jangan selalu mengingat penyesalan dimasa lalu. Selalu mengingat masa lalu hanya menjadikan diri kita menjadi lemah. Kita hanya terbuai oleh andai-andai saja. padahal andai-andai itu tidak diperbolehkan oleh Allah.
  • Jangan menyimpan kemarahan, dendam, iri hati, dan kebencian. Karena semua itu adalah tipuan setan. Semua itu adalah kesukaan setan yang menjadikan persatuan umat ISLAM menjadi kendur. Oleh karena itu hindarilah sifat tersebut.
  • Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Maka aturlah waktumu. Tetap rileks saja dalam hidup di dunia ini. Tersenyum menjadikan hati kita menjadi lebih khusyu’ untuk beribadah kepada Allah. Mengatur waktu juga perlu agar tak lupa kewajiban dengan Allah.
  • Jangan khawatir akan hari esok. Allah menjanjikan masa depan dan harapan kita tidak akan pernah lenyap. Cinta, hidup dan mati ada di tangan Allah. Dia telah menuliskan takdir manusia jauh saat sebelum kita lahirkan. Dan tahu apa yang terbaik bagi kita.
  • Ketuklah pintu ampunan Allah maka pintu akan terbuka. Ingatlah pada-Nya maka Dia akan mengingatmu. Berdoalah maka keluh kesahmu akan didengarkan. Dzikir kepada Allah dengan mengucapkan asmaul husna. InsyaAllah hati kita akan menjadi tenang.
       Itulah beberapa yang yang menjadikan hati kita menjadi tenang. Sebagai seorang muslim sudah semestinya kita instropeksi diri supaya   kita menjadi insan yang baik dan bermanfaat. Rasulullah telah memberikan petunjuk kepada umatnya. Melaksanakan segala sunnah Beliau. Semoga kita termasuk golongan ahlussunnah wal jama’ah.



sumber: abdurrahmanshaleh.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

di harapkan komentar para pembaca....

syahrial_siregar@yahoo.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

http:syahrialsiregar.blogspot.com/

http://syahrialdankeluarga.blogspot.com/

syahrial

siregar